Rabu, 02 Januari 2013

Aplikasi Angry Bird


Latar Belakang
Adobe flash atau sebelumnya Macromedia Flash merupakan  software
multifungsi. Terlepas dari fungsi awalnya, yaitu mempermudah pembuatan animasi
web, ternyata Macromedia Flash berkembang pesat hingga dapat dimanfaatkan
sebagai  software multi media yang luar biasa. Bahkan Macromedia Flash dengan
action script-nya dapat dimanfaatkan menjadi program pembuat  game yang mudah
dan efektif.
Game flash itu sendiri merupakan  sebuah genre atau jenis game yang diciptakan dengan menggunakan program atau aplikasi yang berbasis flash. Secara relative game ini lebih bersifat interaktif, artinya, game ini hanya dapat dimainkan satu arah oleh seorang pemain, karena game ini tidak dapat dimainkan dengan cara multiplayer.
Seperti Game Angry Birds versi baru yang sudah dirilis Selasa (22/3/2011) kemarin. Versi terbaru ini diberi nama “Rio Edition”.
Tapi sayangnya versi terbaru ini tidak ditawarkan secara bebas alias terbatas. Hanya bisa diakses melalui Amazon App Store dan dijual seharga 1 USD. Dan itupun hanya di peruntukan bagi warga Amerika saja. Maklum saja , proyek ini merupakan kerja eksklusif antara Amazon dengan Rovio Mobile dan baru disiapkan untuk platform Android saja. Selain di Amazon App Store, iTunes pun telah menawarkan di etalasenya seharga 3 dollar AS.
Ada yang berbeda dan menarik dari edisi baru ini, yaitu :
* Sasarannya bukan lagi babi warna hijau. Bukan juga tentang permusuhan antara burung dengan    babi. Tapi adalah misi menyelamatkan burung-burung dalam sangkar yang akan diperjualbelikan.
* Tampilan grafisnya jauh lebih keren dengan latar belakang yang lebih “hidup”. Rovio bekerjasama dengan FOX Digital Entertainment dan Blue Sky. Dari segi suara latar juga mengalami peningkatan, khususnya versi theme musikya yang lebih bervariasi.
* Versi baru ini sudah disiapkan sampai bulan November 2011. Jadinya untuk sekarang baru tersedia untuk Maret dan April saja, bulan selanjutnya masih terkunci. Jadi sepertinya setiap level akan terbuka perbulan-perbulan.

Tujuan Pembuatan Aplikasi
Tujuan pembuatan aplikasi ini untuk pengenalan suatu program animasi game flash dengan menggunakan animasi-animasi sehingga membuat game semakin menarik dan lebih mudah diakses untuk dimainkan baik secara online maupun offline. Sehingga dapat membuat penggunanya menjadi lebih praktis dan menyenangkan dalam bermain game flash.

Pangsa pasar
Pasar game online baik berbasis PC maupun konsol tetap bertumbuh pesat walaupun kini pasar game mobile terus mengejar. Baru tahun 2015 nanti diperkirakan game mobile melebihi game PC atau konsol dari segi jumlah pemain. Kondisi ini disebabkan kenaikan jumlah pengguna handphone dari waktu ke waktu yang terus meningkat. Ketersediaan handphone yang membanjiri pasar menjadikan game mobile menjadi salah satu pilihan pengembangan game yang terus meningkat dari waktu ke waktu.
Tidak ada yang menyangka permainan yang simple dan sederhana ini telah membius jutaan orang terpesona dengan game ini. Hanya dalam kurun waktu singkat Angry Birds disebut-sebut sebagai video game terlaris dengan 2 juta total unduhan untuk Android. Sementara untuk iPhone, angkanya lebih fantastis lagi, 10 juta! Pocketgamer.co.uk bahkan mengatakan bahwa secara total Aggry Birds telah diunduh sebanyak 30 juta kali!

Kebutuhan Sistem
Berikut ini adalah beberapa aplikasi khusus yang bisa digunakan untuk membuat game flash :

1. AlbinoBlackSheep
            
http://www.albinoblacksheep.com
Anda dapat menemukan banyak Games dan Video disini, terutama mengenai bagaimana membuat game Flash.
2. FlashKit
               
http://www.flashkit.com
Situs ini bisa anda kunjungi bila anda ingin mendapatkan tutorial, tahap demi tahap pembuatan game flash, dalam berbagai tipe.
3. Kirupa
              
http://kirupa.com
Di situs ini terdapat banyak sekali panduan membuat games flash, terutama untuk games jenis shooter.
4. Lassie Adventure Studio
http://lassie.gmacwill.com/lower.php?section=news&page=index
Jika anda ingin membuat games 2d dengan kualitas gambar OK, serta ingin membuat games advanture secara mudah, anda dapat langsung menginstall aplikasi ini.
5. Sploder
              
http://www.sploder.com
Di situs ini,  anda bisa buat games dari objek manapun untuk diletakkan di social networking seperti blogger.com atau myspace.com.

Isi Cerita
Pada versi Angry Birds Rio ini, Blu si burung peliharaan sejenis Macaw terbang ke Brasil tepatnya Rio De Jeneiro untuk kawin dengan kelompok Macaw terakhir yaitu Jewel. Sistem permainan masih sama seperti sebelum-sebelumnya dimana terdapat 60 level yang dapat dimainkan. Masing-masing level memiliki musuh utama yang harus Anda kalahkan. Disamping itu pada versi ini ada beberapa karakter tambahan, achievement dan unlockable secret yang tidak ditemui pada versi-versi sebelumnya. Selain itu, musuh si Blu biasanya adalah si babi namun kali ini Anda tidak melulu dihadapkan dengan sang musuh utama tapi juga diharuskan untuk membebaskan burung-burung lain yang ditangkap oleh orang-orang jahat.

Story Board


Rancangan Desain
Aplikasi dirancang/ didesain secara bagus, sehingga memudahkan user atau pengguna untuk menggunakan aplikasi ini dengan baik disertai dengan background yang menarik. Dengan demikian para user atau pengguna dapat memahami dengan lebih jelas dari aplikasi tersebut sesuai yang diiginkan.
Manual Book
Dalam Angry Birds, pemain mengendalikan sekawanan burung warna-warni yang berusaha untuk mengambil telur yang dicuri oleh sekelompok babi hijau jahat. Pada setiap tingkat, babi-babi yang dilindungi oleh struktur yang terbuat dari berbagai bahan seperti es, kayu, dan batu. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menghilangkan semua babi di tiap tingkat permainan. Menggunakan katapel, pemain meluncurkan burung dengan maksud untuk memukul babi secara langsung atau merusak struktur yang melindunginya, runtuhnya strutkur dapat membunuh babi. Dalam berbagai tahap permainan, benda tambahan seperti bahan peledak dan krat batu ditemukan di beberapa tingkat, dan dapat digunakan bersama dengan burung-burung untuk menghancurkan babi yang sulit dijangkau.
Ada beberapa jenis burung yang digunakan dalam permainan. Pada tingkat awal, burung merah adalah satu-satunya yang tersedia. Setiap tahap permainan, jenis burung akan bertambah, beberapa jenis burung lebih efektif terhadap bahan tertentu atau memiliki kemampuan khusus yang diaktifkan setelah burung diluncurkan. Sebagai contoh, seekor burung biru dapat memisah menjadi tiga burung kecil, burung kuning yang dapat menambah kecepatan dan daya rusak, burung hitam yang bisa meledak, dan burung putih yang bisa menjatuhkan bom telur. Babi juga muncul dalam ukuran yang berbeda. Babi kecil relatif lemah dan mudah dihancurkan baik oleh tembakan langsung atau dengan puing-puing dari bangunan yang rusak, babi lebih besar mampu mempertahankan diri dari banyak kerusakan. Juga, beberapa babi mengenakan helm baja, membuat mereka lebih tahan terhadap kerusakan struktur, sedangkan babi dengan mahkota paling banyak bisa menahan kerusakan.
Setiap tingkat dimulai dengan jumlah, jenis, dan keterlibatan burung yang telah ditentukan. Jika semua babi bisa dikalahkan pada saat burung terakhir digunakan, tingkat selesai dan tingkat berikutnya terbuka. Poin diperoleh untuk setiap babi yang dikalahkan serta dari setiap kerusakan atau kehancuran struktur, serta poin bonus yang akan diberikan untuk setiap burung yang tidak dipakai. Setelah menyelesaikan setiap tingkat, pemain menerima satu, dua, atau tiga bintang, tergantung pada nilai yang diterima. Pemain dapat kembali berusaha membuka tingkat sebanyak yang mereka inginkan agar berhasil menyelesaikan atau untuk mendapatkan poin tambahan dan / atau bintang-bintang tambahan.






Langkah untuk Pemeliharaan Sistem
1.  Setiap game atau aplikasi apapun, tentu memiliki minimum system requirement. Sebelum menginstall atau memainkan game tertentu, sebelumnya cek terlebih dahulu system requirement game tersebut. Misalnya game tersebut memerlukan RAM minimal berapa gigabyte. Jika spesifikasi hardware notebook milikmu memenuhi semua system requirement yang dibutuhkan game tersebut, berarti Anda bisa memainkan game itu di notebook milikmu.
2.  Jika game online yang Anda mainkan tergolong game 3D memang akan menimbulkan panas pada laptop karena Game 3D membutuhkan kinerja ekstra dari prossesor yang mengakibatkan hardware dipaksa bekerja maksimal. Oleh karena itu, saat bermain game semacam ini, usahakan sistem pendingin laptop bekerja dengan baik dan sirkulasi udara pada ruangan berjalan lancar. Jika tidak, maka ada potensi PC menjadi overheat dan otomatis mematikan laptop. Jangan menggunakan laptop di atas permuakaan yang akan menghambat sirkulasi udara laptop Anda seperti di atas bantal, karpet atau kasur. Anda juga bisa mencoba memakai cooling pad untuk menjaga suhu laptop tetap stabil saat bermain game online.

Pencapaian Akhir
Animasi akan sangat berpengaruh untuk tampilan sebuah aplikasi multimedia. Agar tampilan menarik maka aplikasi dibuat dengan menggunakan animasi menggunakan kreativitas yang ada disesuaikan dengan tema yang dibuat. Aplikasi yang dibuat dilengkapi dengan pembuatan animasi yang bergerak secara looping atau terus-menerus pada tiap level bagian. Suara dan musik juga ikut berpengaruh dalam memberi kemudahan bagi pengguna dalam menjalankan permainan ini. Dengan adanya backsound musik akan membuat aplikasi terkesan lebih hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar