Kamis, 17 Januari 2013

La Juve Maglia


Meski telah didirikan pada tahun 1897, Juventus baru memulai debut di Liga Italia pada tahun 1900. Pada saat itu seragam Juventus bukan hitam putih seperti sekarang ini, melainkan berwarna merah muda (pink).  Lebih tepatnya kemeja merah muda dengan dasi hitam sesuai dengan peraturan liga saat itu. Adapun seragam pertama ini dijahit oleh salah satu ayah pemain saat itu. Setelah dikenakan selama tiga tahun, seragam pink tersebut menjadi luntur dan tim memutuskan untuk mencari supplier baru untuk jersey di tahun 1903.
Adalah pemain yang bernama John Savage yang mendapat kepercayaan untuk mencari supplier jersey baru. John Savage yang kebetulan berasal dari Inggris (Negeri asal sepakbola) berteman dengan seorang supporter Notts County yang tinggal di kota Nottingham. Teman dari John inilah yang kemudian dipilih menjadi pemasok dan segera mengirimkan beberapa sample siap pakai ke Turin. Sample yang dimaksud adalah seragam Notts County (Klub sepakbola tertua di dunia) dengan garis vertikal berwarna hitam-putih. Meski awalnya banyak yang ragu-ragu mengenakan seragam ini, semuanya sudah terlanjur karena barang sudah tiba dari inggris. Hingga akhirnya diputuskan untuk mengenakan warna Bianconeri ini karena melambangkan kekuatan & agresifitas.
Inilah sejarah lahirnya jersey sepakbola paling populer di Italia. Tanpa perencanaan matang dan serba kebetulan, ditemukanlah dua warna yang melambangkan karakteristik dari Juventus serta memberikan kesan elit. Entah kebetulan atau tidak, Juventus berhasil meraih gelar pertamanya hanya dua tahun setelah mengenakan warna ini. Gelar pertama dari ratusan gelar berikutnya. (Sumber : Juventus.com)
Bicara tentang jersey di zaman sepakbola modern ini tentu tidak bisa lepas dari sponsor. Brand image dari sebuah klub akan sangat menentukan nilai sponsor dari jersey yang bersangkutan. Sebagai contoh, pada tahun 2005 Juventus telah menandatangani kesepakatan sponsor jersey dengan perusahaan minyak TAMOIL. Nilai kontrak saat itu adalah €22jt per musim selama 5 musim dengan opsi perpanjangan dengan nilai yang lebih besar setelah kontrak tersebut berakhir. Nilai €22jt per musim ini dua kali lipat dari nilai kontrak jersey tim serie A lainnya. Sayangnya kerjasama dengan Tamoil ini harus dibatalkan akibat skandal calciopoli.
Untuk musim 2012 – 2013 ini yang menjadi sponsor di jersey Juventus adalah perusahaan otomotif JEEP yang akan membayar €35jt untuk kerjasama selama tiga tahun. Untuk lebih detail mengenai kerjasama antara Juventus dan JEEP bisa anda baca dalam artikel “JEEP Is The New Boss” by @dwicarta. Selain JEEP, aparel NIKE juga akan menemani kita musim 12/13 ini. Berbeda dengan Tamoil, Nike tetap setia mensponsori Juventus meski Juve dijebak calciopoli dan harus bermain di Serie B pada musim 2006/07. Sejak tahun 2003 Nike dan Juventus telah mencapai kesepakatan kerjasama selama 12 tahun dengan nilai €12.4jt per musim.
“Meski Juventus mengalami kesulitan dalam berprestasi di lapangan, Juventus tetap adalah merupakan salah satu brand terpenting di dunia sepakbola” Nike 2006
Selain sponsor, yang menarik musim 12/13 ini adalah terkait frase “30 Sul Campo” di Jersey Juventus. Frase ini akan dipakai untuk menggantikan penggunaan Tiga bintang emas. Seperti yang pernah kami bahas dalam artikel “Tiga Bintang Emas Juventus” penggunaan tiga bintang jelas merupakan hak Juventus. Jika pada akhirnya manajemen memutuskan untuk menggunakan frase “30 Sul Campo” ini adalah untuk kepentingan yang lebih besar.
Berikut adalah transformasi jersey Juventus sejak tahun 1995 hingga 2012 (Sumber : http://www.juvemws.com/)
MusimJersey KiperHomeAway
1995 -1996
1996 -1997
1997 – 1998

Tidak ada komentar:

Posting Komentar