Siapa
saat ini yang tidak tahu game Angry Birds? Hampir semua pengguna
smartphone dan tablet pernah memainkan game yang ringan tapi bikin
candu ini. Menurut data Angry Birds sudah diunduh sebanyak 250 juta
kali, ini belum termasuk pernak-pernik yang terjual.
Sama
seperti pengembang game lainnya, Rovio Mobile menciptakan Angry Birds
penuh dengan perjuangan hingga mencapai kesuksesan seperti sekarang.
Tak banyak orang tahu memang bahwa Angry Birds bukan game pertama
komersial yang diciptakan studio game tersebut.
Berikut sejarah Rovio dan Angry Birds yang diperoleh dari berbagai sumber :
Sejarah Rovio
Dahulu
Rovio didirikan pada tahun 2003, namun saat itu namanya adalah Relude.
Baru setelah 2 tahun berdiri, mereka mengubah namanya menjadi Rovio,
seperti yang dikenal saat ini. Rovio dibangun oleh tiga mahasiswa yaitu,
Kim Dikert, Niked Hed, dan Jarno Vakevainen.
Sebelum
menjadi perusahaan besar, Rovio yang dibangun oleh tiga mahasiswa ini
sudah mengikuti banyak kompetisi game, salah satunya yang disponsori
oleh Nokia dan HP. Titik terang kesuksesannya muncul saat game mereka
yang bernama 'King of The Cabbage World" menjadi juara kategori real
time multiplyer game.
Keberhasilan
game 'King of The Cabbage World' ini memicu mereka untuk mulai serius
menggarap dan membangun perusahaan yang berfokus pada game mobile, yang
saat itu diberi nama Relude.
Salah
satu kebutuhan penting perusahaan adalah dana. Ini merupakan prasyarat
dan kehidupan dari setiap bisnis untuk menjalankannya. Begitu juga hal
yang dihadapi oleh Rovio saat itu, demi mendapatkan dana segara, trio
itu menjual game 'King of The Cabbage World' kepada perusahaan Sumea
(nama saat ini Digital Chocolate). Kemudian diubah menjadi Mole War
yang kemudian ternyata menjadi permainan pertama multiplayer real-time
mobile yang dikomersialkan.
Setelah mendaptkan dana tersebut, Pada awal 2005, perusahaan ini memodifikasi nama perusahaan menjadi Rovio Mobile.
Sejarah Angry Birds
Pengembangan
Angry Birds dimulai pada Maret 2009. Setelah penciptaan sukses dari
tim pengembangan Rovio, mereka merilis game tersebut pada bulan
Desember 2009 dan selanjutnya adalah sejarah. Angry Birds menjadi
adalah aplikasi permainan di Finlandia nomor satu. Lalu game 'Burung
Marah' ini melanjutkan ekspansinya ke Amerika Serikat (AS) dan Inggris
diman Apple adalah kunci untuk membuat semuanya terjadi.
Rovio
saat itu sedang mencari sebuah permainan sederhana yang bisa mereka
bawa ke platform layar sentuh yang juga akan kompatibel dengan platform
game lainnya. Mereka ingin mengikuti kebijaksanaan lama: "Game ini
harus mudah dimainkan, tapi sulit untuk dikuasai" dan itu adalah apa
yang mereka buat.
Menguasai
itu bukanlah tugas yang mudah meskipun; mencetak 3 bintang di setiap
tingkatan, menemukan semua telur emas, memukul struktur tepat . Angry
Birds pun cepat berubah dari gane "sederhana dan mudah" menjadi game
sangat menantang dan kadang-kadang bahkan membuat frustasi!.
Sampai
sekarang, Angry Birds terus itu melakukan invasi platform. Saat ini
Angry Birds telah hadir di 11 platform dan berencana untuk memasuki
Facebook. Rovio juga ingin menjadi merek ikonik hiburan seperti Disney
dan telah mengambil tindakan untuk mempromosikan Angry Birds di Asia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar