Rabu, 19 Desember 2012

Bintang 3 di atas logo Juventus

Juventus akhirnya berbesar hati untuk tidak memasang bintang ketiga diatas logo klub di kostum mereka musim ini, meski tetap bersikeras bahwa gelar yang mereka menangkan musim ini adalah gelar ke-30.

Tradisi di Italia, setiap klub yang berhasil memenangkan 10 gelar Seri A dan kelipatannya, berhak memasang bintang di atas logo klub di kostum mereka. Satu bintang untuk 10 gelar.

‘Si Nyonya Tua’ memang sudah 30 kali mengangkat trofi, namun dua trofi yang direbut pada 2004-05 dan 2005-06 dicabut karena terbukti tersangkut kasus atur skor, atau yang dikenal dengan sebutan Calciopoli.

Dalam selebrasi juara pada akhir musim 2011-12, suporter, pemain dan para petinggi klub tetap merayakannya sebagai gelar yang ke-30, namun direktur komersial Francesco Calvo menyatakan tidak akan memasang bintang ketiga.

“Tidak akan ada bintang ketiga pada kostum baru Juventus nanti,” ungkap Calvo, seperti dilansir Sky Sport Italia. Bahkan, ia menegaskan, tidak akan ada bintang sama sekali di kostum Juve musim depan.

Meski demikian, bukan berarti kubu ‘Si Nyonya Tua’ menyerah begitu saja. Kostum Juve musim depan akan sarat makna, terutama makna sindiran kepada pihak-pihak yang berperan dalam pencopotan dua gelar mereka.

“Namun, di bawah logo, akan muncul tulisan: ’30 sul campo’ (30 kali menang diatas lapangan),” tegasnya.

“Kostum kami mewakili Juventus dan orang-orangnya. Hanya klub bersama segenap fans-ya yang bisa menentukan identitas kami,” tambah Calvo.

Calvo kemudian menjelaskan bahwa kostum tandang Juve musim depan akan berwarna hitam-hitam. Musim lalu, mereka mengenakan warna merah muda-hitam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar