Sabtu, 15 Desember 2012

Profil Sebastian Giovinco


SEBASTIAN GIOVINCO

Date of birth:26.01.1987
Place of birth:Torino  
Age:25
Height:1,64
Nationality:  Italy
Position:Striker - Secondary Striker
Foot:right
Market value:16.500.000 £
19.000.000 €
Player's agent:PDP s.r.l. Pasqualin D’Amico Partners

Nama Sebastian Giovinco mencuat beberapa tahun belakangan. Bintang muda Juventus itu disebut-sebut sebagai salah satu pemain paling berbakat dalam sepakbola Italia bahkan Eropa. 
Berikut sepuluh fakta menarik tentang Sebastian Giovinco.

10. Sebastian lahir di Turin (tak heran dia bergabung dengan Juve), 26 Januari 1987, dari keluarga yang memang punya darah sepakbola. Ayahnya adalah seorang bek handal di tim amatir Beinasco, sebuah desa dekat Turin.

9. Seba masuk dalam radar pencari bakat Juventus sejak usia dini, dan akhirnya bergabung dengan akademi sepakbola Bianconeri di usia 14 tahun. Namun demikian, namanya baru terdengar di musim 2005/06 saat Juve keluar sebagai juara turnamen Primavera (pemain junior). 

8. Debutnya untuk tim utama Juventus datang saat La Vecchia Signora terbuang ke Serie B akibat skandal Calciopoli. Ditinggal banyak bintang-bintangnya, Juve "terpaksa" memainkan pemain-pemain muda mereka. 12 Mei 2007, melawan Bologna, Giovinco melepaskan umpan akurat yang diselesaikan dengan mudah oleh David Trezeguet.
7. Di level internasional, prestasi Giovinco tergolong lengkap. Dia membela timnas Italia dari tim U-14 hingga U-21, dan terakhir membela Azzurri yang diasuh Pierluigi Casiraghi di Olimpiade Beijing 2008. Tinggal level senior saja yang masih dinanti-nantikan.

6. Ketika dipinjamkan ke Empoli, Giovinco mencetak sebuah gol tendangan bebas yang melengkung ke gawang Roma yang dikawal Alexander Doni. Gol tersebut mengingatkan kita pada tendangan bebas Ronaldinho yang merobek jala David Seaman di Piala Dunia 2002.

5. Seba mengidolakan Pangeran Juventus Alessandro Del Piero. Tak heran banyak orang membandingkannya dengan Del Piero. Dino Zoff, kiper legendaris Italia pernah berkomentar, "Giovinco lebih kreatif dari Del Piero, tapi dia harus membuktikan semangat dan mental untuk sukses."

4. Giovinco juga tak takut dibandingkan dengan bintang-bintang dunia seperti Lionel Messi. Dia pernah menyatakan dirinya sama hebatnya dengan Messi dan tak takut menghadapi persaingan untuk menjadi pemain terbaik dunia.

3. Arsenal digosipkan naksir berat pada Giovinco dan ingin mendatangkannya ke Emirates Stadium. Tak heran kalau banyak pihak yang sepertinya juga mendukung rencana transfer ini, terutama saat negosiasi kontrak baru Giovinco di Juve mandek. Arsene Wenger yang memang hebat meracik pemain muda dianggap sebagai tokoh ideal yang bisa mengembangkan talenta Giovinco.

2. Impian Giovinco yang tertinggi dalam karir sepakbolanya adalah menjuarai Piala Dunia dan gelar Ballon d'Or (Pemain Terbaik Eropa).  

1. Tinggi badannya yang hanya 164 cm sempat membuat orang meragukan kemampuannya. Tapi kekurangan itu berhasil ditutupi dengan baik dengan kecepatan dan skill yang luar biasa. Legenda seperti Diego Maradona dan Gianfranco Zola menjadi panutan baginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar